Persiapan yang harus dilakukan sebelum Prakerin, Wajib baca!

Sekarang ini sudah masuk bulan dimana anak-anak SMK menncari tempat Prakerin. Banyak yang mencari sampai keluar kota bahkan sampai ngekos karena jauh dari tempat tinggalnya. Anak SMK sekarang, banyak yang mengharapkan mendapat uang transpot dari tempat Prakerinnya. Karena sudah membantu pekerjaan disuatu Industri, jadi mereka harus dapat uang untuk kebutuhannya. 



SMK sekarang sudah berkembang banyak jurusan dan tempat prakerinnya akan tambah banyak. Jadi banyak Siswa dan Siswi yang mencari tergesah-gesah supaya mereka mendapat tempat Prakerin. Prakerin rata-rata dilaksanakan kurun waktu 3 bulan, atau sesuai dari sekolahnya.

Prakerin bertujuan untuk mengasah dan melatih keahilan Siswa supaya lebih berkembang. Sesuai jurusannya, yakni;

  • TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
  • TSM (Teknik Sepeda Motor)
  • TKR (Teknik Kendaraan Ringan)
  • TM (Teknik Mesin)
  • TP (Teknik Pengelasan)
  • RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
  • AK (Akuntansi)
  • Dan lain-lain

Di setiap jurusan itu semua harus mengikuti Prakerin sesuai Bidannya masing-masing, beda dengan SMA yang tidak ada Prakerin, di SMA hanya fokus untuk belajar, yang saya tau paling banyak itu IPA dan IPS.

Nah, persiapan sebelum menghadapi prakerin sangat diwajibkan karena kalau tidak ada persiapan apapun, maka nanti di sebuah Industri nggak tau apa apa. Sekarang saya mau berbagi persiapan sebelum Prakerin, silahkan di simak berikut ini;

Persiapan sebelum  Prakerin

1. Punya mental yang cukup kuat

Prakerin juga harus membutuhkan mental yang kuat, karena kalau tidak kamu bisa di remehkan disana. Misalnya saja kamu sudah melaksanakn Prakerin disebuah Industri, dan sudah berjalan seminggu. Lalu ada karyawan kerja yang melihat kamu bekerja berleha-leha sangat nggak senang melihat kamu, kemudian kamu harus menunjukan bahwa kamu bisa melakukannya. Mental untuk keberanan dalam kerja sangat dibutuhkan di Industri, disana banyak alat-alat yang belum kamu ketahui.

Pastinya ada alat yang berbahaya, maupun yang nggak berbahaya, tapi harus hati-hati kalau meleset sedikit bisa fatal kerjaan kamu, untuk itu harus punya mental sebelum menghadapi Prakerin.

2. Punya Skill yang lebih

Kemudian kamu harus punya skill yang lebih, untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus juga. Di dunia Industri seperti perusahaan besar harus ahli dalam bidangnya. Skill yang rendah akan dipandang rendah pula. Tidak memandang jurudan apapun, walaupun jurusan seperti Multimedia atau RPL yang hanya menggunakan Laptop saat bekerja, namun juga harus punya pjnya skill, baik itu dalam Mengedit foto ataupun Programming.

3. Selalu menyiapkan barang 

Selain mental dan skill kamu juga harus punya benda keperluan sendiri. Misalnya kamu masuk jurusan TKJ, lalu pas prakerin harus menyiapkan barang yang mudah dibawa, seperti obeng kecil, baut, mur yang sangat dibutuhkan saat merakit komputer.

Tentunya, pasti atasan diperusahaan selalu ingin melihat anak yang prakerin melihat kelengkapan yang dipunyanya. Barang-barang yang dianggap sepele akan berguna nantinya pada saat kamu Prakerin di perusahaan.

4. Harus melatih kedisplinan

Kemudian kamu harus disiplin dalam bekerja, harus tepat waktu kalau bisa sampai diperusahaan 1 jam sebelum masuk. Kedisplinan harus diterapkan di suatu Industri. Dalam bekerja kita harus bisa mengatur waktu untuk mengerjakan sesuatu.

Pastinya setiap Perusaan besar menyuruh berangkat pagi, rata-rata Perusahaan besar jadwal masuk jam 7 kurang. Tapi untuk anak Prakerin diwajibkan jam 6 harus sudah sampai disanana, itu pengalaman saya. Kalau peraturan itu tidak diterapkan akan ada sanksi.

Terkait : Kumpulan tempat Prakerin Multimedia lengkap

5. Menjaga Sopan santun

Sopan merupakan sikap yang wajib diteladani oleh sekua orang. Sikap sopan sangat penting di dalam suatu perusahaan. Karena sikap sopan wajib untuk di lakukan untuk saling menghargai. Dalam bekerja sikap sopan santun sangat dibutuhkan pada sesama rekan sekerja.

Sikap sopan santun harus dilakukan dimana saja terutama disaat jam kerja, karena pemimpin kerja juga ingin di sopanin oleh karyawannya. Jadi kamu harus meningkatkan kesopanan kamu untuk Prakerin nanti.


Penutup

Jika kamu sudah masuk Prakerin, persiapan harus wajib dilakukan. Jangan suka berleha-leha dan meremehkan suatu perkerjaan yang diberikan, supaya kamu dinilai baik oleh atasan atau pembimbing Prakerin kamu.

Tidak memandang jurusan, walau biasanya tempat prakerin MM, RPL, AK itu ditempat yang sejuk ber-AC, tapi juga harus punya skill yang bisa diandalkan. Dan jika sudah mendapatkan uang traspot dari perusahaan tersebut, itu adalah rezeki, karena hasil kerja kamu. Sekian dari saya mengenai Persiapan yang harus dilakukan sebelum Prakerin semoga bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Persiapan yang harus dilakukan sebelum Prakerin, Wajib baca!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel