Ini yang dikerjakan di jurusan multimedia, dan peluang kerjanya !

Belakangan ini sudah memasuki tahun ajaran baru disekolah. Pastinya semua orang tua repot untuk mengurus anaknya yang ingin melanjutkan sekolah, ada juga yang berurusan naik kelas. Untuk yang lulus SD pasti mau mencari SMP, kalau yang lulus SMP ada dua pilihan, yaitu masuk SMA atau SMK. Saya sudah melihat berita-berita temtang pendaftaran sekolah baru untuk tahun ini.


Untuk yang lulus SMP pasti para orang tua pun langsung bergegas untuk mendaftarkan anak di sekolah barunya. Pastinya orang tua selalu mengikuti kemauan anak, bila anak ingin memilih SMK lebih baik orang tua ikuti saja krmauan anaknya karena masa depan ditanggung dari hasil sekolahnya. Nah di SMK ada banyak jurusan yang bisa diplih berikut ada beberapa jurusan yang bisa dipilih untuk masuk SMK;

  • TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
  • TSM (Teknik Sepeda Motor)
  • TKR (Teknik Kendaraan Ringan)
  • TM (Teknik Mesin)
  • TP (Teknik Pengelasan)
  • RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
  • AK (Akuntansi)
  • Dan lain-lain
Jurusan-jurusan tersebut ada disalah satu SMK terdekat dirumah kalian. Lebih baik pilih SMK yang menurut kamu bagus dan berkualitas, supaya masalah nilai terpenuhi. Tentunya jika nilai bagus-bagus pasti kamu bia melanjutkan kuliah ataupun diterima ditemlat kerja yang bagus pula.

Nah kalau kamu suka sama yang berhubungan komputer kamu bisa pilih jurusan TKJ, RPL, dan Multimedia. Disitu kamu akan diajari cara merakit komputer, belajar bahasa pemrograman, dan mendesain suatu karya. 

Saya bisa menyimpulkan bahwa lebih baik pilih jurusan multimedia. Jangan bingung! Karena disana kamu bisa dapet apa yang dipelajari ajak RPL maupun TKJ karena di multimedia juga belajar bahasa pemrograman dan merakit PC dikelas 10. Nah sekarang lebih detailnya saya mau bahas apa aja yang dikerjakan dijurusan Multimedia? Dan apa peluang kerjanya nanti? Mari disimak ulasannya, berikut ini;

Apa aja yang dikerjakan dijurusan MM ?

1. Diawalan kelas 10 kamu akan diajarkan pemrograman dasar


Nah yang ini biasanya ada dijurusan RPL, tapi ternyata dimultimedia kamu bisa dapet pelajaran ini juga lhoo.. kamu akan diajarkan algortima  dan code html singkat. Tapi tenang? Ini Sangat mudah dipelajari.

2. Belajar perakitan dan komponen PC

Nah kalau yang ini biasa ditemui dijurusan TKJ, tapi dikelas 10 kamu juga akan mempelajari komponen dan merakit PC lho.. Disini kamu akan fiajarkan bagian-bagian komponen Motherboard dan fungsinya.

3. Selanjutnya akan diajarkan dasar desain

Di jurusan MM pasti nggak jauh sama desain,nah diawal kelas 10 kamu akan diajarkan dasar desain terlebih dahulu seperti, titik, garis, bidang, bentuk. Kalau yang itu pasti kamu sudah diajarkan waktu SMP ya kan.. jadi kamu tinggal mendetailkan lagi apa itu dasar desain.

Jika sudah memasuki semester dua kamu akabn diajarkan cara instalasi windows yang benar dan makin lama barulah kamu akan belajar software seperti adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, dan sebagainya.

Nah, kalau sudah naik ke kelas 11 biasanya, di awal tahun ajaran baru kamu akan melaksanakan Prakerin ( Praktek Kerja Industri) atau biasanya disebut PKL. Cari tempat Prakerin yang sesuai jurusan kamu pastinya, biasanya sdkolah akan memberi jadwal Prakerin dnegan waktu 3 bulan. 


Terus menerus kamu akan difokuskan pada desain dan membuat animasi serta membuat film pendek dengan teknik terrtentu. 

Ini Peluang kerja di Jurusan MM

1. Jadi animator


Menjadi seseorang animator merupakan suatu pekerjaan yang apabila kamu punya skill dalam bidang animation yang tinggi. Seorang animator harus punya jiwa kreativitas yang tinggi. Karena kreatif adalah saah satu bahan untuk membuat suatu animasi.

Membutuhkan peralatan dan bahan yang cukup untuk jadi animator seperti, Laptop yang spesifikasinya mumpuni. Karena unruk menjalankan beberapa software berat seperti Adobe Primere atau 3D max yang lumayan besar.

2. Jadi Fotografer


Jika kamu suka foto-foto kamu bisa jadi fotografer, di MM saat kelas 12 nanti kamu akan belajar membuat film pendek seperti simetron hahaa.. Temang saja, biasanga nanti pasti disekolah sudah disiapkan peralatan untuk buat film. 

Peluang kerja lainnya;
  • Jadi Web develpoer
  • Jadi game developer
  • Jadi tim kreatif di stasiun televisi
  • Dan masih bangak lagi

Kesimpulan

Kamu bisa memilih jurusan Multimedia di SMK. Karena MM adalah jurusan yang cukup mufah untuk dipelajari dan pekuang kerjanya cukup luas untuk ditemukan. 

Sesuai hobi dan kemauan kamu juga, jika senang dengan ini kamu ikuti saja. Pekerjaan akan datang padamu jika kamu punya leahlian yang lebih. Selamat bersekolah, selamat belajar. 
Sekian Terimakasih.

3 Responses to "Ini yang dikerjakan di jurusan multimedia, dan peluang kerjanya !"

  1. Sangat menarik infonya gan, jangan lupa kunjungi juga CLICK DISINI!

    ReplyDelete
  2. Wah menjanjikan juga kalau ambil jurusan multimedia
    Peluang kerjanya juga menjanjikan

    ReplyDelete
  3. sip dapat ilmu baru jangan lupa kunjungi blog saya https://hkoliz.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel